Juarai Lomba Pidato SMA Swasta se-NTT, Indri Suni Harumkan SMAK Giovanni Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Juarai Lomba Pidato SMA Swasta se-NTT, Indri Suni Harumkan SMAK Giovanni Kupang


SISWI BERPRESTASI. Kepala SMAK Giovanni Kupang, Romo Stefanus Mau (kanan), siswi kelas XI MIPA 1 SMAK Giovanni Kupang, Indri Suni peraih Juara I lomba Pidato, dan guru pendamping, Maulida Reswari pose bersama di ruang kerja SMAK Giovanni Kupang, Rabu (3/11). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PENDIDIKAN

Juarai Lomba Pidato SMA Swasta se-NTT, Indri Suni Harumkan SMAK Giovanni Kupang


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Indri Suni, siswi Kelas XI MIPA 1, Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Giovanni Kupang berhasil mengharumkan nama sekolah itu setelah sukses meraih juara lomba pidato antarsiswa SMA Swasta se-NTT.

Even bernama Gencar Hybrid Festival Sekolah Swasta se-NTT yang digelar Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) NTT, yang berpusat di Gedung DPRD NTT, pada 28 Oktober 2021 tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Indri yang tampil dalam pidatonya berjudul “Pemuda Bangkit Ekonomi Tumbuh” sukses memikat para juri hingga memberinya nilai tertinggi dalam lomba pidato bertema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” itu.

Indri Suni sukses menempati peringkat pertama dari total 44 peserta yang mengikuti lomba tersebut. Keberhasilan yang diraih Indri tak lepas dari bimbingan Maulida Reswari, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMAK Giovanni Kupang.

Maulida Reswari kepada TIMEX saat ditemui di SMAK Giovanni Kupang, Rabu (3/11), menjelaskan bahwa Indri Suni mendapat kepercayaan secara delegasi SMAK Giovanni Kupang pada lomba Pidato Bahasa Indonesia sekolah Swasta se-NTT.

Maulida mengaku bahwa naskah pidato yang dibuat Indri murni hasil karya siswanya. Sebagai guru mata pelajaran, Maulida mengaku hanya melakukan pendampingan. Pendampingan dilakukan dengan tujuan agar naskah pidato yang dibuat itu betul-betul hasil karya siswi tersebut. Selain itu, nilai positif yang didapat bahwa siswi dapat menguasai materi secara baik karena hasil karyanya dibuat sendiri. “Saya bantu revisi jadi lebih baik,” ujarnya.

Dirinya juga menekankan kepada siswi tersebut bahwa dalam berpidato bukan hanya sebatas beretorika semata melainkan dalam pidato ada poin-poin penting berisi ajakan. “Saya lakukan pendampingan setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai,” ungkap Maulida.

Sebanyak 44 peserta yang mengikuti lomba. Semua peserta bagus-bagus, tapi Maulida mengaku tetap memberikan motivasi dan penguatan kepada siswanya untuk memberikan yang terbaik bagi sekolahnya. “Kalah menang itu urusan kemudian, tapi intinya kita berani maju dan tunjukan kepada semua orang bahwa kita bisa,” tandasnya.

Sebagai guru, Maulida merasa bangga karena siswinya dapat meraih juara. “Jujur ini menjadi kebanggaan tersendiri karena telah mengharumkan nama sekolah,” ungkapnya.

Sementara Indri Suni mengaku bahwa motivasi mengikuti lomba ini datang dari darinya sendiri. “Saya mendapatkan pendampingan dan motivasi dari ibu Guru Bahasa Indonesia sehingga saya berhasil meraih juara satu,” ungkapnya.

Menurutnya, lomba pidato ini merupakan pengalaman pertama. Dirinya mengaku sangat senang dan bangga.
“Awalnya saya tidak sangka bisa raih juara 1, karena peserta bagus-bagus, tapi saya tetap yakin dan percaya diri. Jujur sangat senang,” kata Indri.

Kepala SMAK Giovanni Kupang, Romo Stefanus Mau, Pr juga mengaku bangga atas prestasi yang dicapai siswinya itu. Pihak sekolah, kata Romo Stef memberi proficiat dan apresiasi kepada siswi yang telah meraih juara lomba pidato.

Menurut Romo Stef, prestasi ini diraih tentunya membutuhkan persiapan yang baik, karena berhadapan dengan sekolah-sekolah yang bermutu dan berkualitas di seluruh NTT. Tapi dengan bantuan ibu guru Maulida Reswari, yang memberi pendampingan dan pembinaan secara baik kepada peserta lomba sehingga dapat meraih prestasi juara satu.

“Pihak sekolah selalu memberikan ruang dan kesempatan bagi siswanya untuk dapat mengembangkan minat dan bakat dalam meraih prestasi,” jelasnya.

Prinsipnya, lanjut Romo Stef, pihak sekolah menyiapkan tempat dan ruang serta siswa-siswi juga dibimbing secara baik sehingga dapat meraih prestasi. “Kami sangat senang, karena siswi SMAK Giovanni Kupang dapat meraih juara dalam lomba pidato. Sekolah bangga karena walaupun di masa pandemi tapi tidak menjadi penghalang untuk siswa-siswi meraih prestasi,” pungkasnya. (mg22)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top