Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Kota Tunggu Petunjuk Pusat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Kota Tunggu Petunjuk Pusat


ILUSTRASI. Pelajar salah satu SD di Kota Kupang mengikuti program surveilans untuk mendukun PTM terbatas. IDAI telah mengeluarkan rekomendasi bahwa anak-anak usia seperti ini pun sudah bisa menerima vaksin. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Kota Tunggu Petunjuk Pusat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah memberi rekomendasi untuk pemberian vaksin Covid-19 pada anak usia 6 – 11 tahun. Dinas Kesehatan Kota Kupang telah menerima informasi ini, hanya pelaksanaannya menunggu petunjuk resmi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari Saragih, mengatakan, pihaknya setelah menerima informasi ini langsung berkoordinasi dan konsultasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

“Kita memang membaca di berita bahwa Badan POM sudah mengeluarkan izin untuk memberikan pelayanan vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun, tetapi belum ada petunjuk secara resmi termasuk jenis vaksin apa yang akan diberikan,” terangnya, Kamis (4/11).

Dia juga kembali mengingatkan kepada masyarakat Kota Kupang agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya, beberapa waktu lalu ada pasien probable yang meninggal.

“Memang sesuai dengan hasil antigen negatif, tetapi foto thorax sesuai dengan medis menunjukkan secara klinis memang ada gejala Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikatan Dokter Anak Beri Rekomendasi Vaksinasi Usia 6–11 Tahun

Terkait apakah varian baru, Tiurmasari menegaskan, bahwa pasien tersebut merupakan pasien yang meninggal dengan status probable, dan belum terbukti bahwa itu virus varian baru.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy J. Dengah mengatakan, untuk menjalankan suatu program, apalagi tentang vaksinasi bagi anak usia 6 – 11 tahun, tentu harus ada petunjuk secara resmi dari pemerintah pusat.

“Petunjuk tersebut yang akan ditindaklanjuti sampai di daerah, terkait pelayanan vaksin anak, usia yang diperbolehkan menerima vaksin, jenis vaksin dan lainnya. Jadi memang harus menunggu instruksi pusat,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat ini meminta Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk menyiapkan sistem pelayanannya. Bagaimana anak-anak usia 6 – 11 tahun ini mendapatkan vaksin, apakah bekerja sama dengan pihak sekolah ataukah dengan pihak RT/RW.

“Selain itu, harus dipersiapkan tenaga vaksinator, jumlah sasarannya dan juga harus ada kerja sama dengan orang tua untuk membawa anak-anak ke fasilitas kesehatan,” terangnya.

Menurut Maudy, capaian vaksinasi di Kota Kupang sudah sangat baik. Dosis pertama mencapai 82,69 persen dan dosis dua mencapai 57,79 persen. Artinya jika anak usia 6 – 11 tahun juga sudah diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin, maka dampaknya sangat baik untuk perlindungan kesehatan masyarakat pada umumnya. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top