Jaksa Sita Aset Tanah Milik Tersangka Yulius Kolo di Kefamenanu dan Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jaksa Sita Aset Tanah Milik Tersangka Yulius Kolo di Kefamenanu dan Kupang


SITA ASET. Tanah milik tersangka Yulius Kolo yang terletak di Km 7, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU saat disita tim penyidik Kejari TTU, Jumat (5/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Jaksa Sita Aset Tanah Milik Tersangka Yulius Kolo di Kefamenanu dan Kupang


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) TTU menyita sejumlah aset milik tersangka Yulius Kolo selaku Kepala Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara yang tersangkut kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa selama kepemimpinannya.

Upaya penyitaan aset terhadap aset milik tersangka Yulius Kolo itu berdasarkan Surat Perintah Penyitaan Kepala Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara Nomor: PRINT-300/N.3.12/Fd.1/08/2021 tertanggal 9 Agustus 2021 serta Penetapan Ketua Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kupang Nomor: 12/Pen.Pid.Sus-TPK/2021/PN Kupang tanggal 1 November 2021.

Aset yang berhasil disita tim penyidik Kejari TTU berupa tiga bidang tanah yang terletak di Km 7, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU. Tiga bidang tanah itu memiliki luas masing-masing 1.101 m2 dengan koordinat X=198279.87; Y=448230.13, luas 1.092 m2 koordinat X=198582.91; Y=448769.89, dan luas 505m2 pada koordinat X=198543.55; Y=449275.30.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Roberth Jimmy Lambila kepada TIMEX, Sabtu (6/11) mengatakan bahwa penyitaan aset tersangka Yulius Kolo tesebut dilakukan setelah Tim Intelijen Kejari TTU melakukan penelusuran aset tersangka berdasarkan surat perintah Operasi Sadanya.

Dikatakan, setelah diketahui aset milik Yulius Kolo, tim penyidik Kejari TTU bersama pihak BPN TTU beserta pihak terkait melakukan pengukuran atas aset tanah tersebut yang dilaksankan pada 22 Oktober 2021.

“Ada tiga bidang tanah milik tersangka Yulius Kolo yang disita tim penyidik Kejaksaan Negeri TTU. Ketiga bidang tanah itu terletak di Km 7, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu,” ungkap Robert.

Roberth menambahkan, selain ketiga aset tanah milik Yulius Kolo di Kota Kefamenanu yang telah disita, tim penyidik juga telah berhasil mengetahui juga aset tanah milik Yulius Kolo yang berada di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang seluas 720m². Aset ini pun telah disita penyidik.

Menurut Roberth, Tim Kejari TTU tetap terus melakukan pelacakan dan penelusuran terhadap aset-aset milik tersangka, baik uang maupun barang yang bernilai ekonomis untuk dilakukan penyitaan guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian negara dalam perkara dimaksud.

“Ada aset yang sudah kita ketahui berupa sebidang tanah milik tersangka Yulius Kolo yang berada di Kabupaten Kupang. Aset itu akan kita sita dan tim penyidik Kejaksaan Negeri TTU juga terus melakukan penelusuran aset untuk disita dan diamankan untuk pemulihan keuangan negara,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top