Jaring Atlet Muda Potensial, Perkemi NTT Gelar Kejuaraan Antar Pelajar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jaring Atlet Muda Potensial, Perkemi NTT Gelar Kejuaraan Antar Pelajar


SERU. Suasana pertandingan kempo antar pelajar se-NTT, di Gedung Serba Guna KONI NTT, Sabtu (13/11). (FOTO: RUDI MANDALLING/TIMEX)

SPORT

Jaring Atlet Muda Potensial, Perkemi NTT Gelar Kejuaraan Antar Pelajar


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Guna menjaring atlet-atlet muda berbakat dan potensial sekaligus menjaring atlet pelapis persiapan menghadapi berbagai kejuaraan, baik daerah mau nasional, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Bela Diri Kempo (Perkemi) NTT menggelar Kejuaraan Shorinji Kempo antar Pelajar se-NTT periode II tahun 2021.

Kejuaraan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni 13 – 14 November 2021 di Gedung Serba Guna KONI NTT, dan dibuka secara resmi Ketua Pengprov Perkemi NTT, Esthon L. Foenay yang diwakili Sekretaris Pengprov, Sensei George Hadjoh, Sabtu (13/11).

Sensei George Hadjoh mengatakan, kejuaraan harus menjadi jawaban dari prestasi-pretasi yang sudah berlangsung. “Prestasi ini kelihatan belum ada konsistensi, karena itu perlu dipersiapkan. Secara teknis harus konsisten, walau secara non teknis belum konsisten, tetapi itu tidak berarti tidak bisa didesain,” jelas Sensei George. “Maka kita sudah harus mulai belajar dari sekarang untuk mendesai secara teknis,” imbuhnya.

Sensei George menjelaskan, pertandingan-pertandingan atau kejuaraan yang digelar ini sebagai salah satu langkah awal persiapan menuju 2028, maka sumber daya manusianya perlu dipersiapkan dari sekarang.

“Dan inilah yang kita lakukan. Nantinya kompetisi akan dilakukan setiap bulan, dan ini merupakan program lanjutan yang ditingkatkan lagi. Kualitas dan variannya diperbanyak,” terangnya.

Kejuaraan ini, lanjut Sensei George, akan digelar di seluruh kabupaten, dan bukan hanya di Kota Kupang. “Di Sumba Timur sudah lakukan, Kota Kupang juga sudah, dan Kabupaten Kupang juga akan bergerak. Semua kabupaten akan didorong dan 2022 itu wajib seluruh kabupaten menggelar even setiap bulan, sehingga atlet makin kompetitif dan makin terseleksi,” ungkapnya.

“Filteisasi itu adalah kompetisi untuk menghasilkan atlet-atlet terbaik. Nantinya proses pembinaan dan peningkatan kualitas teknik juga akan dilakukan,” ucap Sensei George.

Sensei George menambahkan, ke depan Perkemi akan mendatangkan pelatih-pelatih dari Jepang dan Jakarta. Tujuannya untuk mengemas bentuk pelatihan yang tidak saja beorientasi pada pembentukan mental dan karakter, tapi juga peningkatan kualitas teknik.

Menurut Sensei George, kejuaraan antar pelajar ini sendiri dibagi dalam dua kategori, yakni pelajar SLTP dan pelajar SLTA baik putra dan putri, dan hanya mempertandingkan nomor embu.

“Untuk tingkat SLTP, jumlah atlet putra yang berpartisipasi 20 kenshi, dan putri 16 kenshi. Untuk SLTA putra 40 kenshi dan putri 51 kenshi. Total seluruh peserta kejuaraan mencapai 127 kenshi,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Maria B. Nuhan.

Adapun jumlah nomor yang dipertandingkan, untuk SLTP sebanyak 12 nomor dan SLTA juga 12 nomor. “Total nomor pertandingan ada 24 nomor, dan para juara akan mendapatkan medali dan sertifikat,” pungkasnya. (rum)

Komentar

Berita lainnya SPORT

Populer

To Top