KKSS Nyatakan Komitmen Bangun Rote Ndao | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KKSS Nyatakan Komitmen Bangun Rote Ndao


SAMBUTAN. Ketua BPD KKSS Kabupaten Rote Ndao, Amir Muhammad menyampaikan komitmenya terhadap Pemda setempat dalam sambutannya usai pengukuhan, di aula Hotel Grace, Sabtu (13/11). (FOTO: Alan Tanamal for TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

KKSS Nyatakan Komitmen Bangun Rote Ndao


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Rote Ndao, menyatakan komitmenya terhadap kemajuan pembangunan daerah, dimana mereka berada. KKSS bertekad memberi yang terbaik bagi pembangunan Rote Ndao, dengan mengeksplore sumber daya yang dimiliki.

Komitmen tersebut direncanakan untuk dilakukan melalui tiga bidang kegiatan sebagai progran kerja. Dan ketiga bidang tersebut adalah bidang kesenian, budaya dan pertanian.

Pernyataan untuk bahu-membahu menbangun daerah, disampaikan oleh ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS, Kabupaten Rote Ndao, Amir Mohammad, setelah dirinya menerima pataka untuk dikobarkan di Rote Ndao saat pengukuhan pengurus KKSS, Sabtu (13/11) akhir pekan lalu.

Amir menyampaikan pernyataanya itu mewakili seluruh warga KKSS yang berada di Rote Ndao. Dan pernyataan tersebut, disampaikan dengan menggunakan bahasa daerah Sulawesi Selatan, yang mengajak warga KKSS untuk tanamkan rasa persaudaraan dan kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita. Dan ajakan sekaligus komitmen, disebutnya mengawali sambutanya, setelah dirinya secara resmi menerima tampuk kepemimpinan sebagai Ketua BPD KKSS Rote Ndao.

“Marilah kita tanamkan rasa persaudaraan dan rasa kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita. Pura pabbara sompeku, pura tonakisi golingku,” kata Amir Mohammad, dalam sambutannya di aula Hotel Grace, Sabtu (13/11).

“Layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang. Maju, membangun Rote Ndao, yang kita cintai,” sambung Amir, menerjemahkan pernyataan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa daerah Sulawesi Selatan.

Lebih dari itu, kata Amir, hal tak kalah penting untuk dilakukan oleh warga KKSS dalam interaksi keseharianya adalah sama-sama menyuburkan semangat kekompakan di lingkunganya masing-masing. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kebersamaan dalam menyukseskan program kerja yang akan dilakukan.

Sehingga demi mencapai cita-cita yang diinginkan, Amir, kembali mengajak warga KKSS Rote Ndao untuk membantu pemerintah setempat. Dengan tema yang diusung, “Membangun Solidaritas, Merajut Kebersamaan di Perantauan, Bersama Kita Membangun Daerah”, Amir, kemudian mengajak warganya untuk sama-sama mengobarkan semangat KKSS di Rote Ndao.

“Marilah kita sama-sama tanamkan jiwa sosial yang tinggi, jiwa solidaritas yang kuat, dan jiwa seni yang tinggi, agar bisa membantu pemerintah untuk melestarikan budaya dan seni daerah kita,” kata Amir.

“Organisasi yang kita bentuk ini, bukanlah organisasi biasa-biasa saja, melainkan organisasi yang luar biasa. Untuk itu, teruslah menjaga kekompakan dan solidaritas kita semua,” sambungnya.

BACA JUGA: Wabup Rote Ndao: KKSS Bagian dari Orang Rote

Amir dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada para tetamu undangan yang berkenan hadir dalam acara pengukuhan tersebut. Begitu juga kepada pihak-pihak yang telah membantu demi kelancaranya.

“Saya selaku ketua KKSS Rote Ndao, mengucapkan terima kasih kepada tau matau malebbiku, sibawa silessureng malebbiku engka hadere. Laoki mai tosipakario-rio, tosipaka lebbi, masiddi ati na masiddi pikiran, lao masappa dalle halalatta, mamuare iruntu isappae,” ucap Amir dalam bahasa daerah Sulsel.

Sementara itu, terhadap berdirinya KKSS di Kabupaten Rote Ndao, ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Provinsi NTT, H. Mohammad Darwis, menyatakan, merupakan yang pertama kalinya. Yang selanjutnya, dirinya langsung menyebut tujuan dibentuknya KKSS di Kabupaten Rote Ndao.

“Sejak saat ini, untuk pertama kalinya KKSS menjadi bagian resmi organisasi paguyuban yang menyatakan kehadiranya di bumi Rote Ndao,” kata H. Mohammad Darwis, dalam sambutanya.

“Sebagai organisasi kekerabatan, dan kekeluargaan, KKSS hadir dengan tujuan memeliharan dan meningkatkan nilai budaya masyarakat Sulawesi Selatan. Mempererat silahtuhrahmi antar warga KKSS dan warga masyarakat secara umum, dimana mereka berada,” sambungnya.

Tujuan KKSS selanjutnya, masih kata H. Darwis, mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangununan.

“Jadi Pak Ketua (BPD KKSS Rote Ndao, Red), ini yang harus betul-betul kita dukung pemerintah daerah yang sedang kita tempati ini,” kata H. Darwis, dengan sedikit menyela sambutanya untuk menggaris bawahi tujuan utama kepada Ketua BPD KKSS Rote Ndao.

Lebih lanjut, H. Darwis mengatakan, sebagai pengurus KKSS di tingkat wilayah NTT, dirinya bertanggung jawab untuk mengoordinir seluruh warga KKSS, termasuk yang berada di Kabupaten Rote Ndao. Hal tersebut kemudian diharapkan agar warga KKSS juga berperan aktif dalam setiap proses untuk membangun daerah.

“Memperlancar distribusi pangan dan menjadi wirausaha yang handal, keberadaan KKSS diharapkan memberikan makna dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Rote Ndao,” kata Darwis.

“KKSS harus senantiasa menjalin hubungan yang harmonis dengan semua komponen baik masyarakat dan pemerintah. Prinsip kita sebagai warga KKSS adalah, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Dimana pun warga KKSS berada, di situ mereka (warga KKSS) menyatu dengan masyarakat untuk berkiprah terhadap kepentingan daerah setempat,” tandasnya.

Untuk diketahui, KKSS sendiri, mulai didirikan pada tanggal 12 November 1976 di Jakarta. Dan saat ini, wadah silahturahmi ini telah berusia ke-45 tahun. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top