Wujudkan Ketersediaan Pakan Ternak, Bupati TTU Tanam Lamtoro Teramba di Desa Teba | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Wujudkan Ketersediaan Pakan Ternak, Bupati TTU Tanam Lamtoro Teramba di Desa Teba


TANAM LAMTORO. Bupati TTU, Juandi David bersama sejumlah pimpinan OPD menanam Lamtoro Teramba pada lahan di Desa T'eba, Kecamatan Biboki Tanpah, Kamis (18/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Wujudkan Ketersediaan Pakan Ternak, Bupati TTU Tanam Lamtoro Teramba di Desa Teba


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Juandi David melakukan tanam simbolis tanaman Lamtoro Teramba di Desa Teba, Kecamatan Biboki Tanpah, Kamis (18/11).

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan luasan lahan dan ketersediaan hijauan pakan ternak sepanjang tahun dalam meningkatkan produksi ternak di Bumi Biinmaffo.

Pantauan langsung TIMEX, Kamis (18/11), kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 11.30 Wita itu berlangsung sederhana namun cukup meriah. Rombongan Bupati disambut antusias oleh sejumlah tokoh adat dan masyarakat setempat dengan tutur adat atau Takanab serta pengalungan selendang.

Bupati Juandi didampingi para pimpinan OPD, Danramil 1619-06, Lettu Inf. I Wayan Saputra dan Kapolsek Biboki Selatan Iptu I Made Seri. Turut hadi para Camat dan kepala desa. Tak menunggu lama, langsung dilakukan penanaman benih Lamtoro Teramba pada lahan yang sudah disiapkan.

Di bawah atap sebuah pohon rimbun, Bupati ke-11 di Bumi Biinmaffo ini memberi arahan dan motivasi kepada warga masyarakat yang hadir agar dapat memanfaatkan lahan kosong dengan menanam Lamtoro Teramba untuk kebutuhan pakan ternak. Selain itu, bisa juga menanam rumput kingres atau rumput gajah.

“Seteleh selesai pelantikan jadi Bupati, hari ini baru saya datang ke sini. Terima kasih kepada orang tua dan masyarakat. Saya tidak menyangka banyak yang hadir,” kata Bupati Juandi

Bupati periode 2020-2024 ini kemudian membeberkan salah satu program unggulan yakni bantuan ternak sapi bagi masyarakat yang sangat membutuhkan masing-masing lima ekor per kepala keluarga (Kk).

Namun, Lanjut Bupati Juandi, salah satu ketentuan yakni ketersediaan pakan. Oleh karena itu, penanaman Lamtoro Teramba tersebut akan sangat membantu ketersediaan pakan sebelum bantuan tiba.

“Protein Lamtoro sangat bagus untuk ternak. Bisa menggemukan badan ternak. Selain itu, tanaman ini tidak sembarang kena hama. Kami harapkan semoga TTU kembali menjadi gudang ternak. Kita ketahui bersama setiap tahun harga ternak naik terus,” jelasnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Peternakan Kabupaten TTU, Trimeldus T. Tonbesi menjelaskan, maksud kegiatan tersebut yakni sosialisasi keunggulan Lamtoro Teramba, menyiapkan benih untuk ditanam di kebun peternak, serta pendampingan.

Sasaran kegiatan tersebut, lanjut Trimeldus, meningkatnya luasan hijau pakan ternak, meningkatnya ketersediaan hijauan pakan ternak Lamtoro Teramba sepanjang tahun. “Kiranya Lamtoro Teramba ini bukan hanya tanaman pendamping melainkan tanaman utama,” harapnya.

“Kegiatan ini sebagai wujud upaya dan kesiapan masyarakat dalam menyambut bantuan ternak sapi dari Pemerintah Daerah sesuai janji Bupati dan Wakil Bupati TTU, Juandi David dan Eusabius Binsasi saat kampanye (Pilkada lalu, Red),” katanya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top