Lantik 8 Pejabat Eselon IIB, Bupati Hery: Pemimpin Hadir Menyelesaikan Masalah, Bukan Membuat Masalah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik 8 Pejabat Eselon IIB, Bupati Hery: Pemimpin Hadir Menyelesaikan Masalah, Bukan Membuat Masalah


ANGKAT SUMPAH. Kedelapan pejabat eselon IIB lingkup Pemkab Matim saat dilantik Bupati Hery Nabit di aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai, Sabtu (20/11) sore. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Lantik 8 Pejabat Eselon IIB, Bupati Hery: Pemimpin Hadir Menyelesaikan Masalah, Bukan Membuat Masalah


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai, Hery Nabit melantik delapan pejabat eselon II-B lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, Sabtu (20/11) sore. Bupati Hery berpesan kepada semua pejabat yang dilantik untuk tidak boleh menjadi pembuat masalah.

Acara pelantikan berlangsung di aula Ranaka, Lantai 3 Kantor Bupati Manggarai di Ruteng. Hadir Sekda Manggarai, Fansi Jahang, Forkopimda, Ketua DPRD Manggarai, Mathias Masir, Asisten Setda Matim, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, saksi rohaniwan dan PNS, dan organisasi perempuan.

“Pandanglah pelantikan ini sebagai sebuah motivasi, agar kita semua bisa jadi motor penggerak dalam organisasi. Juga sebagai pemimpin, mampu melakukan komunikasi sosial ke luar,” ujar Bupati Hery saat melantik delapan pejabat tersebut.

Dengan komunikasi sosial seperti itu, lanjut Bupati Hery, akan menjadi pemimpin dalam sebuah organiasi yang tanggap dan responsif terhadap kebutuhan serta permasalahan masyarakat Manggarai. Sehingga, harapan cita-cita Manggarai maju, adil, dan berdaya saing tentu akan terwujud.

Selain itu, menurut Bupati Hery, seorang pemimpin harus bisa ciptakan suasana kerja yang kondusif, dan pupuk kerja sama yang baik. Agar semua pihak bisa memberikan tanggung jawab. Tingkatkan kompetensi dan profesionalisme. Biar tidak ketinggalan dari dinamika perubahan regional, nasional, dan global.

“Harapanya, seorang pemimpin itu hadir untuk menyelesaikan soal atau masalah apa saja. Bukan sebaliknya, pemimpin membuat masalah. Tentu ini yang tidak boleh. Jadilah pribadi yang tegas, tapi sejuk. Serta harus menjadi pengayom bagi semua pihak,” bilangnya.

Bupati Hery menambahkan, pelantikan yang digelar tersebut didasarkan pada persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sesuai surat Ketua KASN Nomor B-4063/KASN/11/2021, tentang rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Pratama (JPT) di lingkup Pemkab Manggarai.

“Tentu semua kita sepakat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor yang paling penting dan utama. Serta sentral dalam setiap organisasi. Pengelolaan SDM, dalam hal ini pimpinan OPD, harus mampu mengolaborasi semua kapasitas yang dimiliki oleh pegawai,” kata Bupati Hery.

Berikut ini Delapan Pejabat Eselon II-B yang dilantik Bupati Hery:

1. Lambertus Paput sebagai Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)
2. Yoseph Jehalut sebagai Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)
3. Gabriel P. A. Tjangkoeng sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.
4. Fransiskus Gero sebagai Kadis Pendidikan
5. Maksimilianus Tarsi sebagai Kepala Badan (Kaban) Kepegawaian dan Pengembangan SDM
6. Petrus C. Masangkat sebagai Sekretaris DPRD
7. Gondolpus B. Ngarang sebagai Kaban Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah
8. Charleson Z. Rihimone sebagai Kaban Pendapatan Daerah.

Sementara itu, sesuai informasi yang diperoleh TIMEX, mestinya dalam seremoni pelantikan itu ada 10 orang pejabat eselon II-B dilantik oleh Bupati Hery. Namun dua orang batal dilantik. Dua jabatan itu, yakni Kepala Inspektorat, dimana informasinya dijabat oleh Fransiska Nuryani Ngarung. Juga Kadis Dukcapil yang dijabat Yakobus Banggut.

“Betul, dua JPT ini ditunda pelantikanya. Aturanya, untuk Jabatan Kadis Dukcapil harus ada persetujuan dari Kemendagri. Juga Jabatan Kepala Inspektorat, harus ada persetujuan dari Gubernur NTT. Tentu sementara dalam proses,” jelas Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Matim, Lody Moa membenarkan adanya pembatalan pelantikan dalam dua jabatan tersebut. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top