Warga Ria 1 Bersukaria, Sambut Bunda Julie dan GM PTTEP dengan Tarian Tia Raga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga Ria 1 Bersukaria, Sambut Bunda Julie dan GM PTTEP dengan Tarian Tia Raga


GM PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam bersama anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat, Asisten II Setda Ngada, Hironimus Reba foto bersama Ketua TP PKK Ngada, Cecilia Paru dan Camat Riung Barat serta Kades Ria 1 juga tokoh masyarakat usai peresmian sarana prasarana air bersih sumur bor di Desa Ria 1, Jumat (26/11) siang. (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Warga Ria 1 Bersukaria, Sambut Bunda Julie dan GM PTTEP dengan Tarian Tia Raga


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Warga Dusun Kedu, Desa Ria 1, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada tengah bersukaria. Pasalnya, mereka baru saja mendapatkan hadiah sarana prasarana air bersih melalui bantuan sumur bor dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) PTTEP, perusahan perminyakan asal Thailand di Indonesia.

Sumur bor dalam bantuan PTTEP itu telah diresmikan pemanfaatannya oleh General Manager (GM) PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita bersama anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat dan Asisten II Setda Ngada, Hironimus Reba, Jumat (26/11) siang. Hadir saat itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ngada, Cecilia Paru dan sejumlah pimpinan perangkat daerah setempat.

Sumur bor air bersih tersebut hadir berkat inisiasi juga menjawab aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui legislator Senayan, Julie Laiskodat.

Pantauan TIMEX di Dusun Kedu, kedatangan politikus Partai Nasdem yang akrab disapa Bunda Julie
bersama GM PTTEP dan rombongan itu disambut dengan prosesi adat Pintu Manuk. Prosesi ini sebagai ungkapan atau luapan kegembiraan warga setempat karena baru pertama mendapat kunjungan tamu istimewa dari DPR RI dan PTTEP Indonesia.

Sapaan penyambutan dimulai dengan menggunakan bahasa daerah oleh tokoh adat setempat dan tarian adat Tia Raga. Sebelumnya, para tamu ini disematkan atribut penghargaan seperti selendang tenun Ngada dan Bere, sejenis tas anyaman dari daun lontar yang dikhususkan untuk tamu perempuan dan laki-laki.

GM PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam dalam sambutannya mengaku bersyukur, pembangunan sumur berhasil diwujudkan, setelah delapan bulan berproses. PTTEP Indonesia, kata Grinchai berharap dengan adanya fasilitas sumur air bersih ini, akan menambah semangat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, waktu yang dapat dihemat dari usaha untuk mendapatkan air bersih dan sanitasi yang baik.

“PTTEP Indonesia senang dapat berkontribusi dalam pembangunan fasilitas di NTT. Semoga sumur air bersih ini dapat meningkatkan kualitas hidup mansyarakat, meningkatkan pergerakan ekonomi di desa ini, dan semoga sumur ini terus menjadi bagian untuk sumber kehidupan bagi warga desa,” ujar Grinchai.

Grinchai mengatakan, pemanfaatan air bersih bagi masyarakat Desa Ria-1 penting dalam kemajuan manusia Indonesia. Karena itu, lanjut Grinchai, sebagai perusahaan yang mengedepankan Sustainable Development Goals atau SDGs, PTTEP Indonesia menyambut baik kolaborasi membangun desa yang layak air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

“Air bersih juga penting bagi kemajuan ekonomi, diantaranya untuk warga desa yang fokus di pertanian maupun peternakan. Kontribusi ini juga sebagai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ambros Nange, warga Desa Ria 1, menjelaskan, tarian Tia Raga merupakan wujud penghormatan kepada tamu yang masuk di wilayah Desa Ria 1, Kecamatan Riung Barat, juga sebagai bentuk persahabatan dan rasa persaudaraan.

“Secara pribadi, saya mewakili warga lainnya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI, Ibu Julie Sutrisno Laiskodat dan rombongan yang sudah sampai ke desa kami. Ini adalah kunjungan anggota DPR RI pertama ke desa kami, dan memfasikitasi bantuan air bersih melalui sumur bor karena air bersih memang kami sangat butuh disini,” ungkap Ambros.

Ambros mengungkapkan perasaan senangnya mewakili warga karena Bunda Julie dan rombongan bisa mengunjungi Desa Ria 1, walau kondisi jalan yang tidak bersahabat dan memprihatinkan.

Ambros mengaku, bantuan sumur bor air bersih yang ada, selain digunakan untuk konsumsi, juga digunakan untuk ternak dan menyiram tanaman. “Mayoritas warga kami disini adalah petani dan peternak. Kami berterima kasih karena bantuan yang kami terima benar-benar bermanfaat,” kata Ambros yang memanfaatkan momen itu untuk meminta bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa hendtraktor untuk mengolah lahan-lahan tidur yang ada.

Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat dalam sambutannya meminta warga setempat dibantu Camat Riung Barat dan Kepala Desa Ria 1 untuk bersama-sama memanfaatkan bantuan sumur bor itu dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan air yang ada untuk mendukung peternakan dan lahan pertanian.

Bunda Julie berjanji akan memperjuangkan apa-apa yang menjadi kebutuhan warga di wilayah itu. “Saya baru pertama kali ke Desa Ria 1. Tadi saya dibisiki Pak Camat bahwa warga di sini minta listrik dan sinyal yang belum masuk ke sini. Tadi saya baru saja munghubungi Direktur PLN, meminta perhatian memenuhi kebutuhan warga, dan pimpinan PLN berjanji dalam waktu dekat mereka akan melakukan survei. Sementara untuk kebutuhan warga lainnya, saya minta camat dan kepala desa mendata dan buat proposal untuk kita perjuangkan sama-sama,” kata Bunda Julie.

Sementara Bupati Ngada, Paru Andreas yang diwakili Asisten II Setda Ngada, Hironimus Reba dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada PTTEP Indonesia juga Bunda Julie yang telah berkontribusi mendukung pembangunan di Ngada, khususnya di Desa Ria 1 melalui pembangunan sarana prasarana air bersih.

Hironimus meminta masyarakat setempat agar memanfaatkan dengan baik sarana yang sudah dibangun itu. “Saya minta Pak Camat dan Kepala Desa, bentuk kelompok pemanfaatan air untuk mengelola pemakaian air ini dan bisa merawat sarana yang ada,” pintanya. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top