Tunjukkan Kreativitas Wirausaha, Mahasiswa Prodi Farmasi Gelar Expo Produk Minuman Kesehatan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tunjukkan Kreativitas Wirausaha, Mahasiswa Prodi Farmasi Gelar Expo Produk Minuman Kesehatan


EXPO. Putri Ekowisata Indonesia 2021, Yalendini Evaline Nomley dan para tamu undangan mengikuti kegiatan Expo Produk Minuman Kesehatan yang digelar Mahasiswa Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang, di aula Kampus Farmasi, Selasa (30/11). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PENDIDIKAN

Tunjukkan Kreativitas Wirausaha, Mahasiswa Prodi Farmasi Gelar Expo Produk Minuman Kesehatan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Mahasiwa Program Studi (Prodi) Farmasi, Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kupang menunjukkan kreativitas wirausaha mereka lewat kegiatan Expo Produk Minuman Kesehatan.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kampus Prodi Farmasi, Kelurahan Oesapa Selatan, Kota Kupang, Selasa (30/11), merupakan perwujudan implementasi ilmu yang didapat dari para dosen. Kegiatan ini mengusung tema “Mengimplementasikan Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha, To Be a Great Enterpreneur”.

Ketua Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang, APT Maria Hilaria, S.Si., S.Farm., M.Si, kepada TIMEX di lokasi kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan expo herbal ini diinisiasi para mahasiswanya. Tujuannya untuk mengeksplor semangat jiwa kewirausahaan dari para mahasiswa Prodi Farmasi, terutama berkaitan dengan tanaman-tanaman lokal.

Menurutnya, mahasiswa sejak dini dibekali bagaimana berwirausaha dengan memanfaatkan ilmu yang didapat dari para dosen. “Ini sesuai dengan misi ke-4 Prodi Farmasi, yakni semangat entrepreneurship, sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini dianggap perlu dilaksanakan,” jelasnya.

Menurut Maria Hilaria, kewirausahaan itu jika digali dan dikembangkan secara baik, sangat potensial sekali untuk pengembangan ekonomi di NTT.

“Kami inginkan ke depan mahasiswa Prodi Farmasi selain bisa bekerja di Apotik atau Faskes lainnya, mereka juga bisa membuka usaha sendiri secara mandiri. Selain itu, mereka bisa membentuk UMKM-UMKM dibidang herbal. Artinya ini progres jangka panjang,” ungkapnya.

Sementara Dosen Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan, APT. Yulius Baki Korassa, M.Si berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa dan juga mengimplementasikan semua ilmu yang mereka dapat selama perkuliahan. Terkhusus mata kuliah Kewirausahaan dan mata kuliah Pemasaran Farmasi.

Kegiatan ini adalah salah bentuk apresiasi dari mahasiswa karena mereka sudah mampu untuk berkreasi atau mampu mengembangkan segala teori yang sudah mereka dapatkan.

“Ada 30 produk minuman herbal yang telah dibuat mahasiswa berdasarkan sudut pandang Ilmu Farmasi. Minuman ini adalah untuk kesehatan,” kata Yulius.

Sementara itu, narasumber dari Duta Ekowisata Indonesia dan Owner Dapur Kelor berharap mahasiswa bisa terinspirasi untuk tetap meningkatkan semangat kewirausahaan. “Rencana ke depannya produk-produk itu dapat dibuat izin edarnya sehingga bisa dipasarkan secara luas,” harapnya.

Ketua Panitia Expo, Hen Libing menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan secara offline maupun online. “Expo minuman herbal ini merupakan hasil produk mahasiswa Prodi Farmasi,” ujar mahasiswa semester V tingkat III Prodi Farmasi itu.

Hen menyebutkan, pada kegiatan Expo ini, terdapat 30 produk minuman herbal yang dipamerkan, termasuk produk Rhizoma’s Drink. Minuman herbal ini merupakan bahan-bahan alami yakni campuran Jahe, Temulawak, Serei, dan Kunyit. Khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti ini dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Putri Ekowisata Indonesia Tahun 2021, Yalendini Evaline Nomley dan Owner Dapur Kelor. (mg22)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top