Pulau Kelor Dijual Lewat Situs Online, Begini Respon Bupati Mabar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pulau Kelor Dijual Lewat Situs Online, Begini Respon Bupati Mabar


Pulau Kelor di Kabupaten Mabar dipotret dari udara. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Pulau Kelor Dijual Lewat Situs Online, Begini Respon Bupati Mabar


LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.com-Pulau Kelor, sebuah pulau yang berada di perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) kini dijual melalui sebuah situs jual beli online OXL seharga Rp 00 juta oleh warga bernama Timoty R. White.

Dalam situs itu disebutkan, tanah yang dijual telah bersertifikat Hak Guna Bangun (HGB) di atas pulau tersebt dengan luas 4.600 m2. Sedangkan luas real 130.000 m2. Lokasi itu pun diizinkan untuk mendirikan villa, resort, olahraga air serta akomodasi wisata.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi ketika dikonfirmasi menegaskan yang pasti bahwa untuk pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki perorangan. Karena itu dirinya berjanji untuk segera membangun koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memastikan kebenaran informasi penjualan pulau-pulau itu.

Bupati Edi yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Mabar ini menegaskan jika memang informasi itu benar adanya maka pemerintah daerah akan segera mengambil tindakan.

Menjawab media ini tentang perlunya Pemkab melahirkan regulasi untuk memperketat pengawasan atas jual-beli tanah secara masif baik di pulau maupun daratan, Edi Endi menjelaskan, sesuai UU No. 23 tahun 2014 tentang pulau-kecil yang berada di wilayah perairan bukan menjafi domain pemerintah daerah.

Kendati demikian, tegas Bupati Edi, pemerintah daerah tidak serta merta mencuci tangan atau menjadi penonton namun koordinasi tetap berjalan dengan baik termasuk pengawasanya. “Pemda tidak hanya menjadi penonton tetapi tetapi melakukan pengawasan,” tandasnya. (Krf7)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top