BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik Terkait Informasi Adanya Siklon Tropis di NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik Terkait Informasi Adanya Siklon Tropis di NTT


ILUSTRASI. Siklon Tropis Seroja yang melanda NTT pada April 2021 lalu. BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai informasi-informasi cuaca yang bukan dari BMKG. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik Terkait Informasi Adanya Siklon Tropis di NTT


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Mencermati perkembangan isu terkait adanya potensi pertumbuhan siklon tropis di wilayah NTT pada periode tanggal 18 Desember 2021, Stasiun Meteorologi BMKG El Tari Kupang meminta masyarakat agar tetap tenang dan pastikan sumber informasi itu didapat dari BMKG.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si., dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/12), menyatakan bahwa sumber video animasi potensi siklon tropis pada 18 Desember 2021 yang beredar di masyarakat saat ini bukan berasal dari BMKG.

“Berdasarkan analisis dinamika atmosfer hari ini, Jumat 10 Desember 2021, diprakirakan dalam tiga hari ke depan tidak ada potensi pertumbuhan bibit siklon tropis di wilayah NTT,” jelas Agung.

Model prediksi yang digunakan untuk memprakirakan kondisi cuaca secara umum masih memiliki faktor ketidakpastian (uncertainty) yang cukup tinggi, sehingga tidak dapat sepenuhnya dijadikan sebagai acuan prediksi dengan akurasi 100 persen. Dan masih perlu di-update setiap saat untuk perkembangan dinamikanya.

Terkait adanya isu potensi siklon tropis pada 18 Desember 2021, kata Agung, BMKG terus melakukan pemantauan kondisi cuaca dan potensi dampak esktremnya di seluruh wilayah Indonesia selama periode 24 jam 7 hari. Termasuk potensi kemungkinan tumbuhnya siklon tropis di wilayah Indonesia. BMKG mengimbau masyarakat tidak panik dengan adanya isu yang beredar saat ini akan adanya potensi siklon tropis dengan terus melakukan pemantauan informasi cuaca dan peringatan dini cuaca dari BMKG.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat langsung mengakses aplikasi aplikasi iOS dan Android,” pungkasnya. (mg22)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top