Gelar Seleksi Atlet, Naga Timor Libatkan Pelajar 16 SMP di Kota Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Gelar Seleksi Atlet, Naga Timor Libatkan Pelajar 16 SMP di Kota Kupang


Pengurus dan Pelatih Klub Atletik Naga Timor, diantaranya Theo Widodo, David Kenenbudi, pelatih Anton Fallo. (FOTO: RUDI MANDALLING/TIMEX)

SPORT

Gelar Seleksi Atlet, Naga Timor Libatkan Pelajar 16 SMP di Kota Kupang


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Klub Atetik Naga Timor kembali menggelar seleksi calon atlet pada dua nomor, yakni nomor Lari 400 meter putra/putri dan 800 meter putra/putri. Seleksi kali ini merupakan yang kedelapan kalinya dilakukan klub Naga Timor, sejak didirikan tahun 2013 lalu.

Pengurus Klub Atletik Naga Timor, Theodorus Widodo dan David Kenenbudi kepada wartawan, Rabu (8/12) mengatakan, pelaksanaan seleksi berlangsung dua hari, yakni 10 – 11 Desember 2021, bertempat di Lapangan Polda NTT. Peserta yangdilibatkan adalah para pelajar dari 16 SMP di Kota Kupang.

“Seleksi terakhir yang di gelar Naga Timor, terjadi di 6 Juli 2019. Dan tahun 2020 karena pandemi Covid, Naga Timor tidak menggelar seleksi,” terang David didampingi pelatih Naga Timor, Antonius Fallo.

David mengatakan, karena stadion Oepoi masih dalam proses rehabilitasi, sehingga proses seleksi atlet tahunan Naga Timor, bahkan latihan atlet harus menggunakan lapangan kosong di Kelurahan TDM.

“Dengan kondisi itu, proses seleksi tentunya tidak mungkin dilakukan, karea harus ada kehati-hatian, karena yang diseleksi adalah anak-anak awam sehingga seleksi tertunda,” jelas David.

Tahun 2021 ini, lanjut David, sebenarnya kondisinya hampir sama, dimana stadion belum siap, GOR juga tidak memungkinkan. Namun, demi regenerasi atlet, maka program seleksi ini juga harus dijalankan.

Masih seperti pola sebelumnya lanjut, seleksi difokuskan pada anak usia SMP, dan undangan sudah di kirim ke sekolah-sekolah untuk para kepala sekolah sejak minggu lalu.

“Ada 16 SMP di Kota Kupang yang diundang untuk mempersiapkan para siswanya baik putra maupun putri mengikuti seleksi ini,” beber David.

Dalam seleksi nanti, kata David, dilombakan dua nomor lari, yakni 400 meter putra/putri dan 800 meter putra/putri. Seleksi ini nantinya ditangani langsung Naga Timor bersama tim pelatih, Anton Fallo dan Tatik Setyowati dibantu para atlet Naga Timor.

Theo Widodo menambahkan, jumlah peserta seleksi nantinya lebih dari 100 – 200 orang, karena sesuai permintaan ke pihak sekolah, minimal mengirimkan delapan atlet putra dan delapan atlet putri.

“Harapan kita kepala sekolah dan guru olahraga punya semangat yang sama dengan Naga Timor sehingga mereka bisa mengirimkan anak-anaknya mengikuti seleksi ini,” harap Theo.

Theo menyebutkan, dari seleksi ini nantinya akan diambil 10 orang dari setiap nomor yang memiliki catatan waktu terbaik. Tidak ada hadiah yang disiapkan dalam seleksi ini, karena dari seleksi ini, hadiah terbesarnya adalah mereka diberi kesempatan untuk dibina di Naga Timor.

Pelatihan, fasilitas dan peluang menjadi atlet, serta biaya trransportasi akan diperoleh para atlet Naga Timor. “Tapi untuk menyemangati peserta, Naga Timor akan menyiapkan bonus bagi juara satu, dua dan tiga untuk setiap nomor dengan limit waktu tercepat. Juara satu Rp 500 ribu, juara dua Rp 300 ribu, dan
juara tiga Rp 200 ribu,” jelas Theo.

Theo mengaku, sejak didirikan tahun 2013 lalu, Klub Atletik Naga Timor telah menghasilkan sejumlah atlet Atletik berpretasi. Pada PON XX 2021 lalu di Papua, dari 8 atlet NTT yang lolos, lima diantaranya merupakan atlet binaan Naga Timor. Mereka adalah, Marselina Tamu Apu, Devita Lodia Bakun, Absonia Bell, Nofriana Taunus, dan Mathilda Bire.

“Namun, karena Marselina mengikuti pendidikan di Angkatan Laut, sehingga tidak mengikuti PON, jadi hanya empat atlet Naga Timor yang mewakili NTT di PON lalu,” beber Theo.

Sementara itu, di ajang Peparnas, Atlet Naga Timor, Bonita Fallo juga ikut berpartisipasi, dan berhasil menyumbang 3 medali perak bagi kontingen NPC NTT. Masing-masing nomor lari 200 meter, 400 meter, dan lompat jauh putri.

Pelatih Naga Timor, Anton Fallo menambahkan 16 SMP yang diundang mengikuti seleksi tahun ini, yakni SMP Citra Bangsa, SMPN 5, SMPN 8, SMPN 16, SMPN 12, SMPN 13, SMP beringin. “Sekolah yang tidak mengikuti seleksi beberapa waktu lalu, dalam seleksi kali ini, belum diundang,” kata Anton. (rum)

Komentar

Berita lainnya SPORT

Populer

To Top