Buka Musda IV IJTI NTT, Bupati Belu Ajak Jurnalis Perangi Hoax | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Buka Musda IV IJTI NTT, Bupati Belu Ajak Jurnalis Perangi Hoax


Bupati Belu Agustinus Taolin pose bersama pengurus IJTI NTT usai pembukaan Musda, Kamis (9/12). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Buka Musda IV IJTI NTT, Bupati Belu Ajak Jurnalis Perangi Hoax


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Pengurus Daerah Nusa Tenggara Timur (IJTI NTT) memiliki Kota Atambua, Kabupaten Belu sebagai tempat pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) IV. Musda IV IJTI NTT itu berlangsung di aula Susteran SSpS, Atambua, Kamis (9/12).

Bupati Belu Agustinus Taolin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Musda IJTI NTT yang digelar di Belu. Pemerintah dan jurnalis kedepannya terus bekerjasama untuk membangun daerah ini.

Bupati Agus mengatakan, jurnalis selain berperan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang hasil pembangunan yang sudah di capai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu, juga memberitakan tentang kekurangan yang masih dirasakan masyarakat.

“Jurnalis menjadi mitra yang baik. Jadi beritanya tentu harus berimbang. Apa yang kita capai, apa yang kita kerjakan, apa yang belum kita kerjakan,” tandasnya.

Bupati Agus berharap kedepan kemitraan antara pemerintah dan jurnalis menjadi hal yang postif dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Belu.

Lebih lanjut Bupati Agus menuturkan, Pemkab Belu sesuai rencana pembangunan, fokus pada program-program sesuai perencanaan untuk membangun masyarakat Kabuapten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.

“Kita butuh jurnalis para pewarta berita untuk menginformasikan program-program, kegiatan-kegiatan itu kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Bupati Agus juga berharap proses demokrasi di tubuh Musda IJTI NTT berlangsung aman dan lancar. Melahirkan pemimpin yang bisa merangkul semua anggota di setiap daerah.

“Sebentar lagi akan dilakukan pergantian pengurus IJTI NTT. Kita harap pemilihan tetap kondusif, siapa pun yang terlilih mengayomi semua anggota,” ujarnya.

Ia berharap pengurus baru membangun hubungan baik dengan pemerintah dan semua instansi lintas sektor. Selain evaluasi dan menyusun program kerja kedepan juga akan dilakukan pergantian pengurus.

Bupati Agus juga mengajak jurnalis dan semua kalangan masyarakat untuk nemerangi hoax. Sebab pesatnya perkembangan teknologi digital menjadi tantangan besar terkait penyebaran informasi yang tidak tepat atau hoax. “Berita hoax ditiup kemana-mana. Itu bohong tidak sesuai fakta tapi masyarakat percaya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua IJTI Pengda NTT, Fabianus Benge menyampaikan setiap jurnalis TV harus profesional dalam menyajikan atau menghasilkan karya-karya jurnalis yang berkualitas. “Saya mengajak teman-teman yang tergabung dalam IJTI untuk terus meningkatkan kompetensi diri,” ujarnya.

Eben –sapaan akrab Fabianus– mengatakan, sebagai jurnalis televisi harus profesional dan melakukan inovasi terkait pemberitaan agar berdampak baik bagi masyarakat dan kemajuan daerah.

“Kita harus profesional dan melakukan inovasi terkait penyebaran informasi. Artinya seorang jurnalis bukan hanya dituntut untuk cepat tetapi harus tepat dan terlebih manfaatnya untuk kepentingan banyak orang,” tandas Eben yang juga produser INews TV Kupang ini.

Sementara itu Ketua Panitia, Stefanus Dile Payong dalam laporannya mengatakan kegiatan Musda IV IJTI Pengda NTT berlangsung selama tiga hari. Pembukaan Kamis (9/12) hingga Sabtu (11/12), bertempat di Aula Susteran SSpS Atambua. Kegiatan ini mengusung tema Peningkatan dan Penguatan Kapasitas Jurnalistik di Masa Pandemi Covid-19.

Menurut Stefanus ada sejumlah agenda dalam Musda antara lain pelatihan dan praktik liputan untuk peserta dari sejumlah instansi pemerintah lingkup Belu, ada group diskusi dan anjangsana di PLBN Mota’ain. Sedangkan hari terakhir evaluasi program sekaligus pemilihan ketua dan pengurus IJTI NTT periode 2021-2025.

“Kita ikuti scedule selama tiga hari ini. Ada pelatihan dan praktik, anjangsana, evaluasi program kerja. Hari terakhir agenda pemilihan ketua dan pengurus IJTI baru,” tandasnya.

Hadir pembukaan Musda, Sekda Belu Johanes Andes Prihatin, unsur Forkompinda Belu, Kepala BNND Belu, Kepala PLBN Mota’ain. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top