GP Ansor Kolaborasi Amankan Nataru di NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

GP Ansor Kolaborasi Amankan Nataru di NTT


Sekretaris GP Ansor NTT, Ichsan Arman Pua Upa. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

GP Ansor Kolaborasi Amankan Nataru di NTT


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Umat Kristiani telah memasuki Minggu Advent ke III perayaan hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Mengantisipasi pengamanan dan memberikan rasa aman kepada umat selama beribadah, GP Ansor akan melakukan pengamanan setiap tempat ibadah.

Berbagai persiapan menghadapi Nataru ini tengah dilakukan umat Kristen di NTT walaupun dalam suasana pandemi Covid-19. Sejumlah agenda ibadah dan perayaan Nataru di wilayah NTT sudah dijadwalkan termasuk Malam Natal dan Hari Raya Natal serta Malam Pergantian Tahun.

Pengamanan ini, GP Ansor bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat umum terus menjaga toleransi. Kegiatan ini bukan baru kali ini dilakukan namun sudah menjadi agenda rutin setiap tahun atau ada kegiatan keagamaan sehingga tetap menjaga suasana aman dan sejuk.

Sekretaris GP Ansor NTT, Ichsan Arman Pua Upa, mengatakan pihaknya tidak saja mengaman pada hari rayanya namun semua rangkaian sejak awalpun dikawal oleh anggota GP Ansor.

“Hampir setiap tahun para anggota Ansor NTT terlibat dalam pengamanan rumah ibadah dan kegiatan ibadah dalam perayaan Nataru bagi umat Kristen di NTT,” ujarnya kepada TIMEX, Senin (13/11).

Menurut Ichsan, para pengurus dan anggota GP Ansor setiap tahun berjaga di gereja-gereja memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristen dalam merayakan Nataru.

Langkah ini dilakukan GP Ansor NTT untuk mendukung penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila. “Kami mengajak masyarakat kembali menanamkan semangat Pancasila dalam kehidupan bernegara, menjaga toleransi beragama serta bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” ajaknya.

Ichsan juga menjamin bahwa umat muslim selalu ada bagi umat Kristiani dalam merayakan hari raya natal dan tahun baru. “Kita berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah menjaga keamanan di wilayah NTT selama Nataru,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengharapkan agar semua pihak harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat agar melalui hari raya ini tidak terjadi lonjakan kasus di wilayah NTT saat ini.

Ichsan menambahkan, ancaman virus Covid-19 mesti menjadi musuh bersama, karena saat ini kondisi ekonomi masyarakat tidak berkembang akibat situasi yang tidak stabil ini.

“Kita semua wajib patuhi prokes selama merayakan hari raya Nataru tahun ini. Semoga kasus virus Covid-19 segera berlalu,” harapnya.

Eduard Nautu, Ketua GMKI Cabang Kupang mengatakan, GMKI sangat mengapresiasi GP Ansor NTT karena berinisiatif melakukan pengawalan pada kegiatan natal yang akan berlangsung di Kota Kupang.

GP Ansor NTT atas kegiatan baik yang semakin meningkatkan solidaritas dan toleransi antar sesama anak bangsa khususnya di Kota Kupang, ini menjadi bukti nyata bahwasanya NTT sebagai Nusa Tinggi Toleransi semakin erat rasa persaudaraannya.

Ia juga berharap kegiatan ini menjadi dorongan serta motivasi bagi segenap elemen masyarakat NTT dalam menjaga kerukunan.

“Langkah baik dari GP Ansor NTT ini semoga menjadi teladan agar sebagai sesama anak bangsa saling menghargai serta saling menjaga kerukunan dan keharmonisan sebagai warga negara yang berbeda latar belakang,” ujar Eduard. (mg29/gat)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top