Selesaikan Target Tahun 2021, ATR/BPN Sumba Timur Distribusi Ribuan Sertifikat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Selesaikan Target Tahun 2021, ATR/BPN Sumba Timur Distribusi Ribuan Sertifikat


PENYERAHAN SERTIFIKAT. Wabup Sumba Timur, David Melo Wadu bersama Kapolres dan Kepala Kantor ATR/BPN Sumba Timur mengikuti acara penyerahan sertifikat untuk rakyat secara nasional yang berlangsung secara virtual di aula Hotel Padadita Beach, Rabu (15/12). (FOTO: Sepritus/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Selesaikan Target Tahun 2021, ATR/BPN Sumba Timur Distribusi Ribuan Sertifikat


WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual di Provinsi Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur diikuti secara daring oleh jajaran di Kantor ATR/BPN Sumba Timur. Hadir juga Wakil Bupati (Wabup) dan Kapolres Sumba Timur di aula Hotel Padadita Beach, Rabu (15/12).

Kepala ATR/BPN Kabupaten Sumba Timur, Eksam Sodak kepada media menyebutkan, target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 2.747 bidang tanah tahun 2021 sudah dicapai. Selain itu, ATR/BPN Sumba Timur telah mencapai target redistribusi sebanyak 1.282 bidang sesuai dengan target nasional pada 2025, dimana seluruh bidang tanah terdaftar di Indonesia termasuk Sumba Timur. Target yang sudah diselesaikan ini tinggal diserahkan sertifikatnya, menunggu penyerahan dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian ATR/BPN RI.

Eksam juga menjelaskan, target redistribusi lintas sektor juga telah diselesaikan dan diserahkan secara simbolis pada Rabu (15/12), dan akan menjadwalkan penyerahan lanjutan untuk PTSL dan redistribusi di tujuh desa.

Selain PTSL dan redistribusi, juga terdapat objek TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) eks kawasan hutan yang telah diselesaikan di dua desa, yakni 132 bidang di Desa Hambawutang dan di Desa Kaliuda. Jadi keseluruhan 1.282 kegiatan redistribusi yang sertifikatnya tinggal diserahkan kepada penerima manfaat.

“Yang hadir mengikuti penyerahan hari ini adalah perwakilan dari Desa Mbatakapidu untuk menerima sertipikat secara langsung dan tiga desa redistribusi dan tujuh desa PTSL. Ini semuanya dibiayai negara” ungkapnya.

Lebih lanjut Eksam menjelaskan, tahun 2022, pihaknya menargetkan akan mensertifikasi seluruh pulau Salura yang mencapai 900 bidang tanah. Saat ini baru sekitar 300 bidang tanah yang sudah disertipikat sehingga akan diselesaikan 600 bidang milik personal masyarakat tahun depan.

Menurut Eksam, Sumba Timur secara keseluruhan sesuai estimasi terdapat 219.000 bidang tanah yang akan disertifikat. Sementara sisanya 105.000 bidang tanah ditargetkan akan selesai tahun 2025 sesuai target nasional sebagaimana dalam road map Kementerian ATR/BPN.

Wabup Sumba Timur, David Melo Wadu menyampaikan apresiasi kepala ATR/BPN Sumba Timur dan tim karena sudah melaksanakan program nasional untuk melayani masyarakat dan mencapai target tahunan.

“Harapannya ini akan terus terlaksana dengan baik demi menjamin hak kepemilikan tanah untuk rakyat, dan semoga kinerja baik ATR/BPN ini harus dipertahankan sehingga mencapai target yang sudah direncanakan secara nasional,“ harapnya.

Wabup David Melo Wadu juga mengatakan bahwa target ini tentunya menjadi pekerjaan bersama untuk mencari solusi, khususnya untuk wilayah kawasan hutan yang sudah ditempati masyarakat dan masalah lahan yang ada saat ini. “Perlu diingat bahwa dalam hak kepemilikan, berarti ada kewajiban untuk membayar pajak sehingga jadilah wajib pajak yang taat pajak sesuai amanah undang-undang,” tegasnya. (Mg31)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top