Rote Ndao Produktif Ukir Prestasi, Bupati Paulina Apresiasi Peran OPD | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Rote Ndao Produktif Ukir Prestasi, Bupati Paulina Apresiasi Peran OPD


PUKUL GONG. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu memukul gong untuk membuka rapat lengkap Pamong Praja di Auditorium Ti'i Langga, Kompleks Perkantoran Bumi Ti'i Langga Permai, Rote Ndao, Sabtu (19/12). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Rote Ndao Produktif Ukir Prestasi, Bupati Paulina Apresiasi Peran OPD


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kabupaten Rote Ndao, boleh dibilang merupakan kabupaten produktif dalam mengukir prestasi. Bagaimana tidak, sepanjang tahun 2021, wilayah yang dipimpin Bupati Paulina Haning-Bullu itu sudah mencetak sejumlah prestasi membanggakan.

Setidaknya, terdapat delapan raihan kesuksesan yang membanggakan seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao. Dan Paulina, merupakan satu-satunya bupati perempuan pertama di Provinsi NTT yang berhasil menunjukan kiprahnya dalam membangun daerah.

Deretan keberhasilan Rote Ndao sepanjang tahun 2021 ini diawali dengan raihan predikat ‘Cukup Baik’ (CC) dalam penyelenggaraan pemerintahan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB). Sebelumnya di tahun 2020, kabupaten ini hanya memperoleh nilai ‘C’. Prestasi ini merupakan yang pertama kalinya, semenjak Rote Ndao berdiri sebagai daerah otonom tahun 2002.

“Kita sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Rote Ndao, tahun anggaran 2020, yang dinilai oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia,” kata Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dalam sambutanya saat membuka rapat lengkap Pamong Praja di auditorium Ti’i Langga, Sabtu (19/12).

Prestasi selanjutnya, kata Bupati Paulina, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, bahwa antara tahun 2009-2021, Rote Ndao menempati urutan keempat. Ini artinya, Rote Ndao berhasil menurunkan angka kemiskinan tertinggi di NTT.

Sedangkan terhadap penurunan Stunting, Rote Ndao, demikian Bupati Paulina, terus mempertahankan prestasi sebagai peringkat pertama dalam penilaian kinerja pelaksanaan konvergensi penurunan Stunting di NTT. Prestasi ini disabet sejak 2019. Sehingga dari pencapaian tersebut, Rote Ndao masuk dalam urutan tiga besar untuk perencanaan pembangunan daerah tingkat NTT, tahun 2020/2021.

Dua pencapaian lainnya yang tak kalah membanggakan adalah melalui Telaga Nirwana dan penyaluran Dana Desa (DD). Dimana dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021, Telaga Nirwana menempati peringkat pertama wisata air terbaik dari 313 peserta.

Setelah berhasil memboyong pulang tropi API Award, melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) NTT, Rote Ndao dinobatkan sebagai daerah dengan predikat terbaik terhadap kinerja penyaluran Dana Desa (DD). Keberhasilan ini diraih, hanya berselang dua hari setelah pengumuman API Award 2021.

Prestasi terakhir yang diraih di pengujung tahun ini adalah kabupaten inklusif. Dimana pada Rabu (15/12) lalu, Rote Ndao, telah mendeklarasikan diri sebagai kabupaten Inklusif, dan penilaianya dilakukan oleh Humanity & Inclusion (HI) dan CIS Timor Kupang.

Atas berbagai capaian ini, Bupati Paulina menyampaikan rasa bangga, terima kasih, dan apresiasinya terhadap setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah itu yang telah bekerja maksimal sehingga bisa meraih berbagai prestasi tersebut.

“Apresiasi khusus saya sampaikan kepada, Badan Keuangan dan Aset, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Bapelitbang, Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” sebut Bupati Paulina dengan rasa bangganya. (Mg32)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top