18 BPC Dukung Ikhsan Darwis Pimpin HIPMI NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

18 BPC Dukung Ikhsan Darwis Pimpin HIPMI NTT


KOMPAK. Muhammad Ikhsan Darwis (tengah) pose bersama sejumlah Ketua Umum BPC HIPMI se-daratan Flores dan Lembata. (FOTO: ISTIMEWA)

BISNIS

18 BPC Dukung Ikhsan Darwis Pimpin HIPMI NTT


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 18 Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) kabupaten memberikan dukungan kepada Muhammad Ikhsan Darwis sebagai calon Ketua Umum BPD HIPMI NTT dalam forum Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) HIPMI NTT yang direncanakan digelar pada 25 Januari 2022.

Dukungan itu dalam bentuk tertulis yang ditandatangani 18 Ketua Umum BPC HIPMI kabupaten itu, yakni BPC HIPMI Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Rote Ndao, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Timur, dan Sumba Tengah. Selanjutnya BPC HIPMI Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Alor, dan BPC HIPMI Kabupaten Kupang.

Muhammad Ikhsan Darwis kepada TIMEX, Kamis (23/12) mengatakan, dirinya berkomitmen maju untuk menjadi Ketua Umum BPD HIPMI NTT. “Sejauh ini sudah ada 18 BPC HIPMI Kabupaten yang menyatakan dukungan ke saya secara tertulis,” beber Iksan.

Terkait persyaratan untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Umum BPD HIPMI NTT, Ikhsan mengaku bahwa seluruh berkas persyaratan telah dilengkapi. Prinsipnya, semua tahapan pencalonan yang dikeluarkan oleh Steering Commite telah dilengkapi. “Hari Jumat (24/12) saya masukan berkas pendaftaran ke Steering Commite,” kata Ikhsan.

Jika terpilih menjadi Ketua Umum BPD HIPMI NTT, Ikhsan menyatakan bahwa dirinya akan menjalankan roda organisasi itu dengan baik. Pasalnya Ikhsan mengaku sangat mencintai organisasi HIPMI ini.

Untuk diketahui, terjadi kekosongan atau tidak ada aktivitas dan kegiatan-kegiatan yang merupakan kewajiban dari organisasi selama dua tahun di tubuh BPD HIPMI NTT . Kemungkinan juga karena faktor pandemi Covid-19. Karena kekosongan ini, BPP HIPMI menurunkan carteker yang berujung digelarnya Musdalub.

“Jika saya terpilih sebagai Ketua Umum HIPMI NTT, saya akan menjalankan organisasi ini sebagaimana mestinya, bisa merangkul teman-teman pengusaha di NTT dan paling tidak bisa menciptakan pengusaha-pengusaha baru,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Manggarai Barat, Mario Pranda, yang dikonfirmasi via telepon mengaku telah menyatakan dukungan kepada Muhammad Ikhsan Darwis. Karena menurutnya, Ikhsan sangat berpengalaman di HIPMI NTT.

“Kemudian beliau mampu merangkul semua kader yang ada di BPD dan semua kader di daerah. Dari sisi komunikasi juga beliau sangat cair dan cepat merespon ketika berkomunikasi via handphone. Kita dukung 100 persen kepada Muhammad Ikhsan Darwis sebagai Ketua Umum HIPMI NTT,” tandas Mario.

BACA JUGA: Muhammad Ikhsan Darwis Deklarasi Caketum HIPMI NTT

Wujud dukungan juga datang dari Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Kupang, Sakti Masneno. Sakti mengatakan bahwa dalam deklarasi Calon Ketua Umum Muhammad Ikhsan Darwis, dari Kabupaten Kupang juga hadir dalam rangka 100 persen mendukung.

“Kami sangat yakin bahwa HIPMI di bawah kepemimpinan Muhammad Ikhsan Darwis, organisasi ini akan berkembang dan juga merangkul pelaku usaha untuk bangkit dan maju di NTT,” ungkapnya.

Dalam kegiatan deklarasi itu hadir juga mantan Ketua Umum HIPMI. Artinya ini menunjukkan bahwa Muhammad Ikhsan Darwis ini tidak lupa dengan sejarah dan orang yang ingat sejarah akan besar pada nantinya. “Saya 100 persen mendukung bro Ikhsan Darwis jadi Ketua Umum HIPMI NTT,” tegasnya.

Sementara Ketua Steering Coomite, Syaifudin, HS, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Musdalub direncanakan pada 25 Januari 2022 di Kota Kupang. Sedangkan pesertanya ada 19 BPC HIPMI se NTT.

Steering Coomite telah membuka pendaftaran sejak 16 Desember 2021 hingga penutupan tanggal 24 Desember 2021, pukul 17.00 Wita.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022. Dilanjutkan dengan tahapan pemungumuman hasil verifikasi itu tanggal 5 Januari 2022. Selanjutnya tahapan kampanye tanggal 6-18 Januari 2022.

“Nanti ada minggu tenang selama seminggu. Kemudian tanggal 25 Januari 2022 masuk tahapan pemilihan di arena Musdalub nanti,” jelasnya.

Agenda Musdalub ini membahas rumusan-rumusan program kerja organisasi selama tiga tahun mendatang. Kemudian laporan pertanggungjawaban tim karteker dan pemilihan Ketua Umum HIPMI NTT masa bakti 2022-2025.

Musdalub ini mengusung tema ‘ Pengusaha Muda Bangkit Perekonomian NTT Maju’. Terkait dengan dukungan untuk maju menjadi Ketua Umum HIPMI NTT itu minimal ada dua rekomendasi dari BPC.

“Persyaratan menjadi Ketua Umum HIPMI sudah diatur dalam AD/ART dan peraturan organisasi. Pasal 24 ada persyaratan pernah menjadi pengurus harian atau pengurus BPC HIPMI NTT atau sekurang-kurangnya minimal tiga tahun anggota aktif. Ini salah satu persyaratan,” pungkasnya. (mg22)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top