Ungkap Hal Ini Ke Pemain Singapura, Asnawi Kena Tegur Sang Ayah dan Pelatih | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ungkap Hal Ini Ke Pemain Singapura, Asnawi Kena Tegur Sang Ayah dan Pelatih


Momen Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar saat mendatangi penyerang Singapura Faris Ramli usai gagal mengeksekusi penalti pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Singapura di National Stadium, Sabtu (25/12) malam. (FOTO: Fajar.co.id)

SPORT

Ungkap Hal Ini Ke Pemain Singapura, Asnawi Kena Tegur Sang Ayah dan Pelatih


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Momen Asnawi Mangkualam Bahar yang mendatangi penyerang Singapura Faris Ramli usai gagal mengeksekusi penalti menjadi perhatian publik. Gestur Asnawi dianggap seperti mengejek pemain Singapura bernomor punggung 10 itu pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Singapura di National Stadium, Sabtu (25/12) malam.

Menanggapi hal tersebut, ayah Asnawi, Bahar Muharram pun ikut kesal dengan tindakan sang anak itu.
Bahar menyebut tindakan yang dilakukan Asnawi sangat berlebihan. Bahkan seusai laga, dirinya langsung menelpon sang anak untuk mengingatkan agar tidak mengulangi tindakannya itu.

“Ya, jadi saya sempat menelpon setelah dia bertanding. Ada momen yang tidak saya suka saat pemain Singapura gagal menendang penalti kemudian dia datang,” ucap Bahar kepada Fajar (Grup TIMEX), Senin (27/12).

“Itu sempat saya telp beberapa menit lah, saya katakan weh kenapa ko lalukan seperti itu,” lanjut Asisten Pelatih PSM Makassar ini.

Pada saat itu, kata Bahar, Asnawi menyebut dirinya tidak berniat mengejek Faris Ramli. Menurut pengakuan Asnawi, dirinya hanya ingin mengucapkan terima kasih saja. “Dia katakan, pertama saya lihat itu tidak sewajarnya penalti dan saya menghampirinya untuk mengucapkan terima kasih,” ucap Bahar menirukan perkataan Asnawi.

Bahar pun menegaskan kepada Asnawi jika perbuatannya itu untuk yang pertama dan terakhir kalinya ia lakukan. “Saya katakan ke dia ini kali pertama dan terakhir kau lakukan seperti itu,” tegasnya. “Lalu saya katakan, ya itu menurut kamu tidak masalah tapi menurut orang yang melihat itu masalah, kayak mengejek,” lanjut Bahar.

Sebagaimana yang terekam dalam laga Indonesia vs Singapura. Usai gagal mengeksekusi penalti, Faris lalu didatangi kapten timnas, Asnawi Mangkualam. Asnawi memegang tangan Faris sembari mengucapkan sesuatu.

Momen itu pun diabadikan sejumlah orang lalu kemudian menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Dari gestur tubuh Aswani, pemain asal Makassar itu dianggap melakukan tindakan meledek pemain Singapura. Sejumlah media Singapura pun menyayangkan tindakan Asnawi tersebut.

Namun, ayah Asnawi, Bahar Muharram menyebut Asnawi tidak bermaksud mengejek Faris Ramli. Asnawi mendatangi Faris untuk mengucapkan terima kasih saja. “Ya jadi dia mengucapkan terima kasih kepada pemain Singapura,” ucap Bahar kepada Fajar, Senin (27/12).

Teguran kepada Asnawi tak cuma dilakukan sang ayah tapi juga oleh pelatih kepala Timnas, Shin Tae Yong. Sang pelatih asal Korea Selatan ini mengaku awalnya tak melihat perilaku Asnawi saat pertandingan. Shin Tae Yong baru melihat dari rekaman yang menyebar. Melihat hal tak terpuji ini, Shin langsung menegur keras anak asuhannya itu usai makan siang.

Shin Tae Yong bahkan tak segan-segan untuk memecat Asnawi jika hal itu terulang lagi. Menurut sang pelatih, semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, baik teman sendiri maupun tim lawan sehingga tidak pantas diperlakukan seperti itu. Atas teguran ini, Asnawi telah menyampaikan permintaan maafnya.

Diketahui, Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Singapura pada laga semifinal AFF 2020 dengan agregat 5-3. Di Leg kedua, Timnas berhasil mengunci kemenangan dengan skor 4-2 usai di leg pertama hanya berhasil imbang 1-1. Timnas pun akan menghadapi Thailand pada babak final AFF Cup 2020 pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 mendatang. (zaki/fajar/jpc)

Komentar

Berita lainnya SPORT

Populer

To Top