Kabar Gembira, TTU Turun Ke PPKM Level 1 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kabar Gembira, TTU Turun Ke PPKM Level 1


PATROLI RUTIN. Tim Gabungan TNI-Polri saat melakukan patroli PPKM Level 1 di Kota Kefamenanu, Senin (27/12) malam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kabar Gembira, TTU Turun Ke PPKM Level 1


TNI-Polri Rutin Patroli Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Persentase vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus meningkat secara signifikan. Dari sebelumnya capaian vaksinasi hanya 13 persen, kini telah meningkat menjadi 65 persen.

Peningkatan persentase jumlah masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi tersebut berkat kerja sama dan kerja keras dari aparat TNI-Polri yang rutin membuka gerai vaksin di berbagai daerah termasuk di pelosok-pelosok desa yang selama ini sulit dijangkau.

Meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di TTU membawa dampak baik bagi daerah itu. Kabupaten TTU yang sebelumnya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pun ikut turun ke PPKM Level 1.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi, kepada TIMEX, Selasa (28/12) mengatakan, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021 menyatakan bahwa Kabupaten TTU yang sebelumnya menerapkan PPKM Level 3 turun menjadi PPKM Level 1.

“Kabar gembira bagi masyarakat bahwa saat ini Kabupaten TTU sudah menerapkan PPKM Level 1. Namun kita harus tetap taat protokol kesehatan bila beraktivitas di luar rumah,” tegasnya.

Dandim Roni menyebutkan, turunnya status PPKM di TTU ke Level 1 tidak menyurutkan semangat para prajurit TNI-Polri untuk terus berpatroli demi menjauhkan warganya dari ancaman Covid-19. Kepedulian TNI-Polri di TTU ini cukup beralasan karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan bahaya Covid-19. Apalagi saat ini sudah masuk lagi virus varian Omicron.

BACA JUGA: Pemkab TTU Kembali Terapkan PPKM Level 3, TNI-POLRI Gencarkan Patroli di Pusat Keramaian

Dalam patroli tersebut, petugas tidak segan-segan membubarkan kerumunan masyarakat yang lebih dari tiga orang. “Petugas juga menegur secara keras kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker saat bepergian dari rumah,” katanya.

Menurut Dandim Roni, dengan turunnya level PPKM di TTU, tentu ada beberapa perluasan aspek kegiatan masyarakat. Misalnya untuk kegiatan atau jam operasional rumah makan, dan lain-lain dapat diperpanjang.

“Rumah makan ada peningkatan jam operasional, sebelumnya sampai pukul 20.00 Wita, karena sudah Level 1 bisa sampai pukul 22.00 Wita,” jelas Dandim Roni.

Dandim Roni berharap pemerintah, masyarakat, dan semua pihak terkait tetap berkolaborasi untuk terus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kabupaten TTU agar bisa terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di daerah itu.

Selain itu, tambah Dandim Roni, seluruh masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar menekan angka penyebaran Covid-19 di TTU. “Kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita harus pacu agar pemberian vaksin bisa cepat rampung karena itu adalah bagian dari indikator penurunan level,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top