Pemkot Kupang Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tuntas Februari 2022 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkot Kupang Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tuntas Februari 2022


Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy J. Dengah. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkot Kupang Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tuntas Februari 2022


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kegiatan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 – 11 tahun telah dimulai di Kota Kupang, didahului kegiatan yang dilakukan Polres Kupang Kota. Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang pun demikian, dan telah menargetkan hingga Februari 2022 nanti, vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun harus mencapai 100 persen. Jumlah sasaran vaksinasi untuk 39.000 anak.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man mengatakan, vaksinasi bagi siswa SD-SMP, ditargetkan pada Februari 2022 mendatang sudah mencapai 100 persen, sehingga sudah bisa diberlakukan pembelajaran tatap muka tanpa batas menjelang ujian nasional.

Untuk itu, kata Herman Man, Dinas Kesehatan Kota Kupang diminta menghitung berapa banyak kebutuhan vaksin untuk anak-anak usia SD-SMP di Kota Kupang, agar vaksin yang tersedia cukup untuk melayani semua anak yang menjadi sasaran.

Selain itu, kata Herman Man, capaian vaksinasi di Kota Kupang ada selisih kurang lebih 20 persen antara dosis pertama dengan dosis kedua.

Karena itu, lanjutnya, Puskesmas harus membagikan data penerima vaksin dosis pertama yang belum vaksin kedua kepada para lurah untuk segera ditindaklanjuti. “Para lurah harus bisa menjangkau setiap warganya yang belum menerima vaksin dosis kedua, agar segera mendapatkannya. Karena vaksin akan lebih efektif jika mendapatkan dosis lengkap, dosis pertama dan kedua,” jelasnya.

Herman Man juga meminta agar para orang tua berperan aktif membawa anak-anaknya untuk mendapatkan vaksinasi. “Tetapi para orang tua juga harus dipastikan bahwa sudah divaksin, jangan sampai membawa anak-anak untuk mendapatkan vaksin, tetapi orang tua tidak divaksin,” ungkapnya.

Herman menyebutkan, sampai saat ini, capaian vaksin dosis pertama mencapai 87,58 persen, dosis ke dua mencapai 65,80 persen. Data ini dirilis pada Sabtu 25 Desember 2021.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy J. Dengah mengatakan, dengan dimulainya vaksin anak usia 6 – 11 tahun, tentunya menjadi hal yang membanggakan.

Pasalnya, belum semua daerah diperbolehkan melakukan vaksinasi bagi anak usia 6 – 11 tahun, karena capaian vaksin belum mencapai 70 persen.

Sementara capaian vaksinasi di Kota Kupang sudah di atas 70 persen bahkan mendekati 90 persen. Tentu kebijakan ini harus disambut baik oleh masyarakat, dengan membawa anak-anak untuk divaksin.

“Dinas Kesehatan melalui Puskesmas juga harus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan melalui sekolah-sekolah, untuk mengakomodir anak-anak. Sangat baik jika vaksin dilakukan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Menurut Maudy, masing-masing Puskesmas harus mendata jumlah sekolah ssbagai sasaran vaksinasi, yang ada di wilayah pelayanan puskesmas tersebut.

“Jika sudah ada data yang baik, maka hanya perlu berkoordinasi dengan pihak dinas dan sekolah, agar menjadwalkan pelayanan vaksin, pihak sekolah memberitahu kepada orangtua dan anak-anak untuk mengambil bagian dalam pelayanan vaksinasi yang digelar di sekolah,” kata Politisi Partai Demokrat ini. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top