Tingkatan Sinergi, PLN NTT-Korem 161/Wirasakti Kerja Sama Pemanfaatan FABA dan Program TJSL | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tingkatan Sinergi, PLN NTT-Korem 161/Wirasakti Kerja Sama Pemanfaatan FABA dan Program TJSL


GM PT PLN (Persero) UIW NTT, Agustinus Jatmiko dan Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko melakukan salam komando usai penandatanganan naskah kerja sama. (FOTO: Humas PLN)

BISNIS

Tingkatan Sinergi, PLN NTT-Korem 161/Wirasakti Kerja Sama Pemanfaatan FABA dan Program TJSL


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) NTT dan Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 161/Wirasakti Kupang melakukan penandatanganan kerja sama pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) dan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Kerjasama antara PLN dan TNI telah dilakukan dalam berbagai kegiatan baik pengamanan, pemulihan kelistrikan, dan pemberdayaan masyarakat. Kerja sama saat ini lebih difokuskan pada pemanfaatan FABA yang dipadukan dalam program TJSL sebagai implementasi kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungan sekitar dengan tujuan kesejahteraan anggota TNI dan masyarakat di Pulau Timor.

Pada kesempatan itu, Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko mengatakan kerja sama yang ditandatangani merupakan wujud kepedulian PLN dalam menyejahterakan masyarakat di NTT.

“Kerja sama PLN dan TNI sudah dilakukan dalam berbagai kegiatan. Tujuan kita sama untuk menyejahterakan rakyat terutama kita yang mengabdi di NTT. Narasi NTT yang negatif yaitu Nanti Tuhan Tolong dapat kita ubah menjadi Nikmat Tiada Tara, dapat kita wujudkan melalui kegiatan yang berdampak pada masyarakat, salah satunya melalui kerja sama ini,” katanya.

“Kami juga berterimakasih kepada PLN atas kepedulian dengan menggandeng kami dalam kerja sama ini dimana manfaatnya nantinya dirasakan oleh prajurit TNI dan masyarakat di Pulau Timor,” tambahnya.

Program pemanfaatan FABA telah dilakukan PLN bersama TNI berupa kegiatan Bedah Rumah TNI di Pulau Flores. Namun kerja sama ini ingin ditingkatkan PLN sehingga lebih dirasakan lebih luas bagi prajurit TNI di NTT dan juga masyarakat melalui program TJSL yang melibatkan TNI.

Sesaat setelah melakukan penandatangan kerja sama, General Manager PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko menerangkan bahwa PLN berupaya membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan TNI dan masyarakat dengan segala sumber daya yang ada sekaligus membutuhkan dukungan TNI untuk mewujudkannya.

“PLN mempunyai sumber daya yang sebelumnya dianggap limbah yaitu FABA dari PLTU yang manfaatnya belum maksimal digunakan di NTT. Kami sudah melakukan Bedah Rumah TNI dan masyarakat dengan FABA, tetapi masih banyak manfaat lain dari FABA untuk masyarakat. Dengan dukungan TNI melalui kerja sama ini, kami harapkan dapat lebih menyentuh dan dirasakan masyarakat di NTT khususnya di Pulau Timor,” jelas Jatmiko.

“Banyak kegiatan kami di PLN yang telah didukung TNI, kami yakin dengan kolaborasi dan support penuh dari TNI, kerjasama ini akan mencapai hasil yang diharapkan kita bersama untuk NTT yang lebih baik,” imbuhnya.

Jatmiko menyebutkan, PLN NTT mempunyai dua unit PLTU, yakni di Kabupaten Kupang, Pulau Timor, yakni PLTU Bolok, dan PLTU Ropa di Kabupaten Ende, Pulau Flores dengan sisa pembakaran dalam bentuk FABA sebanyak 6.240 ton.

Penggunaan FABA di NTT sudah dipakai sebagai bahan baku pembuatan bata interlock dan paving, bahan campuran pembuatan batako dan bahan campuran ready mix. PLN NTT mengharapkan dapat menambah kegiatan pemanfaatan FABA menjadi berbagai produk sehingga menyerap FABA lebih banyak. (*/aln)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top