Bupati Sarai Tinjau Pantai Matiki yang Tergerus Abrasi dan Embung di Desa Tada | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati Sarai Tinjau Pantai Matiki yang Tergerus Abrasi dan Embung di Desa Tada


TINJAU PANTAI. Bupati Sarai, Nick Rihi Heke saat meninjau Pantai Matiki di Desa Loborai, Kecamatan Sabu Timur, Selasa (4/1). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati Sarai Tinjau Pantai Matiki yang Tergerus Abrasi dan Embung di Desa Tada


SABU, TIMEXKUPANG.com-Di tengah kesibukannya menjalankan roda pemerintahan, Bupati Sabu Raijua (Sarai) Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si berkesempatan meninjau langsung kondisi Pantai Matiki di Desa Loborai, Kecamatan Sabu Timur, Selasa (4/1). Kawasan pantai tersebut sebagian pesisirnya tergerus bahkan longsor akibat terkikis banjir yang melanda wilayah itu. Hal tersebut menyebabkan sejumlah pohon kelapa yang ada di kawasan itu terancam tumbang.

Bupati Nick Rihi Heke datang bertepatan dengan dilaksanakannya penimbunan kawasan yang terkena abrasi. Penimbunan dilakukan berkat bantuan seorang tokoh masyarakat di desa itu yang dengan sukarela menyumbangkan sirtu dan alat berat miliknya. Pekerjaan tersebut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

Bupati Nick Rihi Heke menyampaikan apresiasinya terhadap apa yang dilakukan warga setempat yang tanpa menunggu pemerintah dalam melakukan upaya perbaikan kawasan tersebut sehingga tidak berdampak luas dan memperparah kawasan pantai itu akibat abrasi.

Pemerintah, kata bupati dua periode ini, dengan keterbatasan yang ada akan terus berupa untuk memperhatikan kondisi pantai tersebut ke depan sehingga tidak merambat ke seluruh kawasan pantai dan bisa menyelamatkan pohon kelapa yang ada di bibir pantai tersebut.

“Pemerintah mengharapkan dukungan semua pihak dalam penanganan masalah ini. Membangun Sabu Raijua adalah tugas kita bersama untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua,” harapnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan tenaga, pikiran, dan peralatan dalam memperbaiki bahkan melestarikan Pantai Matiki,” tambahnya.

Usai meninjau kawasan Pantai Matiki, Bupati Sabu Raijua ini melanjutkan perjalanan ke Desa Tada, Kecamatan Sabu Tengah. Di desa tersebut, Bupati Nick Rihi Heke meninjau pembangunan embung yang dibangun dengan APBD Kabupaten Sabu Raijua tahun anggaran 2021.

Usai melakukan peninjauan, Bupati Nick Rihi Heke mengaku puas dengan kondisi embung tersebut apalagi embungnya sudah dipenuhi dengan air setelah hujan melanda kawasan tersebut.

Bupati berharap, dengan kehadiran embung tersebut dapat menampung air sebanyak mungkin untuk kebutuhan pertanian, peternakan, dan juga tersedianya sumber air untuk kebutuhan hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya di sekitar embung.

“Dengan adanya embung ini dapat memciptakan kehidupan ekonomi baru di sekitar embung untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga,” kata Bupati Nick Rihi Heke seraya meminta masyarakat bersama mewujudkan visi dan misi Pemkab Sabu Raijua demi kesejahteraan dan kemakmuran seluruh masyarakat. (*/yl)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top