Binda NTT Gelar Vaksinasi di Kampung Merah Putih | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Binda NTT Gelar Vaksinasi di Kampung Merah Putih


VAKSINASI. Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Binda NTT di kampung Merah Putih, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kamis (6/1). (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Binda NTT Gelar Vaksinasi di Kampung Merah Putih


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) NTT, menggelar vaksinasi di kampung Merah Putih, di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kamis (6/1). Kegiatannya dilakukan bekerjasama dengan tim tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Batutua.

Sasaranya, mulai dari anak dan remaja hingga orang dewasa. Layanan vaksinasi tak hanya untuk kebutuhan dosis satu, dengan menggunakan dua jenis vaksin, yakni Sinovac dan Astra Zeneca.

“Vaksinasi ini oleh Badan Intelijen Negara Daerah NTT, kami selenggarakan di Desa Oeseli, selama dua hari. Hari pertama di kampung Merah-Putih, dan hari kedua di kantor desa. Warga yang dilayani adalah untuk kebutuhan dosis pertama dan kedua,” kata Arif, anggota Binda NTT Kabupaten Rote Ndao, kepada TIMEX, Sabtu (8/1).

Menurutnya, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Binda NTT adalah untuk melayani warga yang belum pernah menerima vaksin. Begitu juga kepada yang sudah divaksin, Arif mengatakan, juga dilayani.

“Dosis pertama untuk warga yang dalam pelaksanaan vaksinasi sebelumnya belum dapat vaksin. Kami juga layani untuk dosis dua, sesuai durasi waktu setelah menerima dosis pertama. Sasaranya untuk seluruh warga di Desa Oeseli, yang pelaksanaan hari pertama di kampung Merah Putih, Kamis (6/1) dan Jumat (7/1) di kantor desa,” kata Arif.

Terhadap jumlah warga yang tervaksin, Arif juga merinci dengan mengakumulasi dari dua hari pelaksanaan. Arif menyebutkan, sebanyak 363 orang yang dilayani dengan memberika suntikan vaksin Sinovac dan Astra Zaneca.

“Warga yang tervaksin untuk hari pertama sebanyak 183 orang. Yangg divaksin dengan vaksin Sinovac dosis 1 sebanyak 38 orang, dan dosis kedua sebanyak 40 orang. Vaksin Astra Zaneca, untuk dosis 1 sebanyak 17 orang, dan dosis kedua 88 orang.

Selanjutnya vaksinasi hari kedua di kantor Desa Oeseli, terlayani sebanyak 180 orang. Rinciannya vaksin jenis Sinovac dosis 1 diberikan kepada 37 orang, dosis kedua 43 orang. Untuk vaksin jenis Astra Zaneca, dosis 1 diberikan kepada 17 orang, dan dosis kedua sebanyak 83 orang,” jelas Arif.

“Kegiatan ini (Vaksinasi, red) kami lakukan di satu desa, tapi terbagi didua titik. Dengan total warga yang terlayani sebanyak 363 orang. Rinciannya, dosis satu sebanyak 109 orang, dosis kedua kepada 254 orang. Jumlah ini dari penerima vaksin Sinovac dan Astra Zaneca,” tambahnya.

Menurut Arif, dalam pelaksanaanya, tak hanya bersinergi bersama tim Nakes. Satuan tugas pengamanan pulau terluar (Satgas Pamputer) pun melibatkan diri sebagai wujud sinergitas mendukung pemerintah dalam pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

“Kita terus bersinergi untuk menyukseskan program pemerintah. Di dalamnya termasuk menerapkan prokes, dan juga pelayanan vaksinasi hingga seluruh masyarakat menerima. Tujuanya adalah untuk membentuk tingkat kekebalan tubuh,” kata Sertu Marinir Irvan Ardiyanto, salah satu personel Satgas Pamputer. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top