Atap Rumah Tersapu Seroja, Nama Aleksander Manafe Tak Masuk Data Penerima Bantuan BNPB | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Atap Rumah Tersapu Seroja, Nama Aleksander Manafe Tak Masuk Data Penerima Bantuan BNPB


KORBAN SEROJA. Tampak rumah Aleks Manafe, warga RT 11/RW 05, Kelurahan Sikumana yang telah diperbaiki. Rumah ini juga terdampak siklon Tropis Seroja. Gambar diabadikan Rabu (12/1). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Atap Rumah Tersapu Seroja, Nama Aleksander Manafe Tak Masuk Data Penerima Bantuan BNPB


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Badan Penanggulangan Nasional Bencana (BNPB) telah menyalurkan dana bantuan untuk warga NTT yang terdampak Siklon Tropis Seroja awal April 2021 lalu. Dana itu disalurkan melalui pemerintah kabupaten/kota yang warganya menjadi korban badai Seroja.

Untuk Kota Kupang, BPBD telah terjun ke kantor lurah guna mensosialisasikan terkait bantuan Seroja tersebut kepada pihak kelurahan dan para Ketua RT/RW serta elemen masyarakat terkait lainnya.

Mengenai data penerima bantuan telah diterima oleh pemerintah kelurahan, namun masih ada warga yang tidak terakomodir dalam daftar penerima bantuan tersebut. Seperti yang disampaikan Aleksander Manafe, warga RT 11/RW 05 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Aleksander kepada TIMEX saat ditemui d irumahnya, Rabu (12/1), mengaku kecewa karena namanya tak masuk dalam daftar penerima bantuan Seroja.

“Saya sudah cek ke Kantor Lurah Sikumana, tapi nama saya tidak ada. Padahal saya juga terdampak Seroja masuk kategori sedang,” jelasnya.

BACA JUGA: BPBD Terima Dana Bantuan Seroja Rp 150 Miliar, DPRD Warning Pemkot

Saat siklon Tropis Seroja melanda Kota Kupang, kata Aleksander, atap rumah lantai duanya terangkat semuanya. Ada dua kamar. Selang seminggu kejadian, ia mengaku melakukan perbaikan menggunakan dana pribadi.

“Saya berharap bantuan Seroja harus tepat sasaran. Artinya bantuan itu benar-benar kepada warga yang terdampak Seroja,” kata Aleksander yang berprofesi sebagai petani.

Terpisah, Lurah Sikumana, Getruida Isabela, melalui Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat, Efi Pandie, menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada di Kelurahan Sikumana, warga terdampak Seroja terdata 1.724 orang. Data ini yang diusulkan kepada BPBD Kota Kupang.

“Yang diakomodir untuk menerima bantuan Seroja itu ada 960 orang. Yang belum masuk dalam daftar penerima bantuan, kami dari Kelurahan Sikumana akan mengusulkan kembali,” kata Efi.

Terkait nama salah satu warga RT 11/RW 05, yakni Aleksander Manafe yang terdampak Seroja itu apakah telah terdata di Pemerintah Kelurahan Sikumana, Efi Pandie, mengaku bahwa Alexander Manafe masuk dalam data usulan Kelurahan Sikumana. Kategori kerusakan sedang. Prinsipnya, Pemerintah Kelurahan Sikumana telah mengusulkan semua nama-nama warga terdampak Seroja. “Bagi warga yang tidak masuk dalam penetapan penerima bantuan Seroja, kami usulkan kembali,” tegasnya. (*)

PENULIS: IMRAN LIARIAN

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top